Tips Bisnis Motor Bekas

Umroh COD Juli2023

Motor bekas saat ini semakin diminati oleh banyak orang karena harga yang lebih terjangkau. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk membeli motor bekas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak menyesal di kemudian hari. Berikut adalah beberapa tips dan panduan yang dapat membantu Anda dalam membeli motor bekas yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Apa Itu Motor Bekas?

Motor bekas adalah sepeda motor yang telah digunakan sebelumnya oleh orang lain. Motor bekas biasanya dijual dengan harga yang lebih rendah dibandingkan dengan motor baru. Meskipun harga lebih murah, kualitas motor bekas bisa jadi lebih baik dari motor baru jika Anda pintar dalam memilih.

Mengapa Harus Membeli Motor Bekas?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, salah satu alasan utama orang memilih motor bekas adalah karena harga yang lebih terjangkau. Selain itu, membeli motor bekas juga dapat memberikan manfaat lain, seperti:

  • Tidak perlu menguras tabungan. Dengan membeli motor bekas, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang sekaligus seperti saat membeli motor baru. Anda dapat mencari motor bekas dengan kualitas yang baik dan harga yang terjangkau.
  • Mendapatkan motor dengan fitur lebih lengkap. Meskipun harganya lebih murah, motor bekas bisa jadi memiliki fitur yang lebih lengkap dan canggih dibandingkan motor baru dengan harga yang sama.
  • Tidak terkena depresiasi. Motor baru cenderung mengalami depresiasi yang tinggi di beberapa bulan pertama setelah pembelian. Dengan membeli motor bekas, Anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut.
  • Memiliki banyak pilihan. Dalam membeli motor bekas, Anda memiliki banyak opsi untuk memilih berbagai merek, model dan warna yang sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda.
Baca Selanjutnya  Tips Bisnis Toko Listrik

Jenis-Jenis Motor Bekas

Ada beberapa jenis motor bekas yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda, antara lain:

  • Sport. Motor jenis ini biasa digunakan untuk balap, mempunyai speedometer digital, fairing dan posisi berkendara yang tegak, motor ini lebih cocok untuk pengguna yang menyukai gaya berkendara yang lincah dan sporty.
  • Matic. Motor jenis ini memiliki transmisi otomatis yang memudahkan pengendara untuk mengoperasikan gas dan rem. Matic cocok bagi Anda yang ingin merasakan kenyamanan dalam berkendara.
  • Cub. Motor jenis ini lebih cocok digunakan untuk keperluan sehari-hari seperti mengantar jemput anak sekolah atau bepergian ke pasar. Biasanya memiliki kaki-kaki dan rangka yang kuat dan tahan lama.
  • Trail. Motor jenis ini biasanya digunakan untuk menjelajahi medan off-road. Dilengkapi dengan suspensi yang tinggi dan roda dengan tapak yang lebar, motor jenis ini cocok untuk Anda yang suka eksplorasi alam.

Cara Kerja Motor Bekas

Sebelum membeli motor bekas, ada baiknya jika Anda mengetahui cara kerja dari mesin motor tersebut. Dengan mengetahui cara kerja mesin motor bekas, Anda dapat memahami kondisi mesin motor tersebut, sehingga dapat memilih motor yang berkualitas.

Promo Fastpay

Mesin motor pada dasarnya terdiri dari beberapa komponen, antara lain:

  • Sistem pembakaran
  • Sistem pelumasan
  • Sistem pendingin
  • Sistem transmisi dan kopling
  • Sistem pengaturan bahan bakar dan udara
  • Sistem pengereman

Anda juga harus memperhatikan kondisi oli mesin dan kopling karena kedua hal tersebut sangat berpengaruh pada performa mesin. Pastikan bahwa mesin motor bekas yang akan Anda beli memiliki kondisi oli mesin dan kopling yang baik.

Keuntungan Membeli Motor Bekas

Selain manfaat yang telah disebutkan sebelumnya, ada beberapa keuntungan lain dalam membeli motor bekas, antara lain:

  • Harga lebih terjangkau: Dalam membeli motor bekas, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang sekaligus. Harga motor bekas lebih terjangkau daripada motor baru dengan kualitas yang sama.
  • Bebas dari KPR: Jika Anda membeli motor baru, Anda mungkin perlu membayar uang muka dan mengajukan KPR. Dengan membeli motor bekas, Anda dapat membayar langsung atau dengan cicilan ringan tanpa perlu mengajukan KPR.
  • Nilai jual yang stabil: Nilai jual motor bekas cenderung stabil dalam beberapa tahun terakhir. Meskipun harganya berubah-ubah, tetapi motor bekas masih memiliki nilai jual yang lebih stabil dibandingkan motor baru.
  • Mudah untuk dilepas: Jika Anda membutuhkan uang dan ingin menjual motor bekas, maka bisa dibayangkan bagaimana mudahnya motor bekas laku terjual dibandingkan dengan motor baru.
Baca Selanjutnya  Tips Bisnis Rental Mobil

Manfaat Membeli Motor Bekas

Membeli motor bekas juga memiliki manfaat lain, antara lain:

  • Mendapatkan motor dengan kualitas bagus: Kualitas motor bekas biasanya lebih terjamin, karena motor tersebut sudah diuji coba dan dilakukan perawatan secara rutin oleh pemilik sebelumnya.
  • Pilihan yang lebih banyak: Dalam membeli motor bekas, Anda memiliki banyak pilihan merek, model, dan warna, sehingga dapat memilih motor yang sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda. Sedangkan jika membeli motor baru, Anda mungkin hanya memiliki pilihan yang terbatas.
  • Lebih mudah untuk dikustomisasi: Motor bekas memiliki karakteristik yang berbeda-beda, sehingga lebih mudah untuk dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan dan gaya Anda.

Simpulan

Dalam membeli motor bekas, Anda harus teliti dan hati-hati dalam memilihnya. Memastikan kondisi mesin motor, cek kelengkapan surat-surat, memperhatikan tanda-tanda penggandaan nomor rangka, serta memperhatikan aspek fisik dan penampilan luar motor bekas adalah hal-hal yang penting untuk diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli motor bekas.

Dengan membeli motor bekas, Anda tidak perlu menguras tabungan, mendapatkan motor dengan fitur lebih lengkap, memilih dari berbagai jenis motor, tidak terkena depresiasi, memiliki banyak pilihan dan mendapatkan motor dengan kualitas yang baik. Selain itu, membeli motor bekas juga memberikan manfaat lain seperti nilai jual yang stabil, bebas dari KPR, mudah untuk dilepas, dan lebih mudah untuk dikustomisasi.

Wa Marketing Handal

Sharing is Caring

Baca Artikel Menarik Lainnya